Kamis, 19 Januari 2012

Menjejakkan kaki pertama kali di negeri jiran



Saya dan jajaran guru staff SMP & SMA Negeri SBBS Sragen,pada tahun 2011 yang lalu, tepatnya pada hari Sabtu-Selasa, 5-8 Maret 2011 mengadakan kegiatan karya wisata ke Kuala Lumpur Malaysia. Kegiatan tersebut diikuti oleh 10 orang personel yang terdiri dari tenaga pengajar & staff administrasi SBBS Sragen dengan travel guide brother Evin Elvino (doi kelahiran Kuala Lumpur jadi hapal jalan2nya, sampe jalan tikus aja hapal..hebat)
Pada awalnya saya menawarkan istri dan anak untuk ikut, namun istri menolak dengan alasan beaya ekstra (pasport baru, & terutama tiket solo-kualalumpur yg naik). akhirnya saya harus berangkat sendirian ke KL tanpa keluarga. :)
untuk bisa mengunjungi malaysia sebenarnya beaya sangat terjangkau, cukup dengan mengeluarkan beaya akomodasi berupa pasport (senilai kurang lebih 300 ribu rupiah), akomodasi hotel & transportasi serta konsumsi masing-masing sebesar 2,5 juta rupiah dan uang saku pribadi yang bervariasi antara 500 ribu – 3 juta rupiah. saya dan rombongan berangkat dari SBBS sragen hari Sabtu pukul 09.00 wib & terbang ke Malaysia menggunakan maskapai AirAsia nomor penerbangan AK 541.

Sebelumnya pada bulan Desember 2010 kami sendiri telah melakukan online booking via airasia.com sehingga mendapatkan harga tiket Solo-Kualalumpur yang sangat terjangkau yaitu 350 ribu  rupiah/tempat duduk. Perjalanan Solo-Kuala Lumpur memakan waktu sekitar 2 jam & pada pukul 12.10 pesawat mendarat dengan selamat di Kuala Lumpur International Airport. Sampai disana, kami harus menyesuaikan jam karena waktu di Malaysia 1 jam lebih awal daripada di Indonesia.
Dari bandara, kami melanjutkan perjalanan menuju hotel dengan menggunakan bus & kereta api monorail via LCCT (Low Cost Carriage Terminal). sewaktu antri bis kami sadari penumpang malaysia sangat disiplin. tak ada serobot menyerobot ala indonesias wkkk.
Untuk masalah penginapan, kami juga taklupa telah melakukan online booking untuk hotel (thanx to mas faisal yg udah googling puluhan hotel he). Hotel yang kami tempati adalah hotel bintang 2 Season’s View Hotel yang kebetulan terletak di jantung kota Kuala Lumpur. Lokasi hotel sangat strategis, karena dikelilingi kedai-kedai makanan China & resto India yang rapi & bersih serta deretan toko cinderamata, juga puluhan mall & gedung pencakar langit yang megah. Sampai di hotel, kami beristirahat sejenak kemudian menuju ke Money Changer untuk menukarkan uang saku masing-masing dengan mata uang ringgit Malaysia (kurs RM1 = Rp. 3.300). saya juga sempet beli snek khas malaysia: kerepek mamee & ribena berry anggur :)
Malam harinya, kami menikmati jamuan makan malam di restoran ‘Hailam Chicken Rice’, sebuah restoran masakan chicken rice yang paling terkenal di Kuala Lumpur. Selain chicken rice, makanan yang banyak diburu wisatawan disana adalah nasi lemak, tom yam, kwe tiau & durian Malaysia. Sehabis makan malam, kami berjalan sekitar 3 km hanya untuk dapat berfoto bersama di depan menara kembar Petronas (Petronas Twin Tower).capek cynnn!!!!, tapi worthed lah :)

Hari ke-2 kami lalui dengan breakfast nasi lemak (makanan favorit saya) di Old Town White Cofee (letaknya persis di depan hotel). nasi lemak ini seperti nasi uduk di indonesia, cuma rasanya laen, ada nuansa kari dan...ahhh tak bisa dijelaskan dengan kata2 wkkkkkk


Setelah breakfast kami lanjutkan perjalanan berwisata ke Genting Highland. Sebuah obyek wisata yang terletak di daerah pegunungan. Perjalanan menuju obyek wisata dilalui dengan menggunakan gondola/cable car yang bergantung pada ketinggian. Perjalanan dengan kereta gantung yang menguras adrenalin tersebut sekitar 20 menit. Berbagai macam obyek wahana dinikmati oleh saya dan teman2, antara lain Flying Coaster, Space Shoot (dilontarkan dari ketinggian 20-30m...!!!!), Roller Coaster dan lain-lain (untuk yg satu ini biang keroknya si evin wkkk).
Di obyek Genting Highland ini juga terdapat kasino yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari China maupun Eropa. kami sendiri sempat mendapat sedikit musibah: tertinggal bis menuju ke hotel, meskipun kami hanya terlambat 10 menit dari waktu yang tertera di tiket (bis di Malaysia sangat ketat dalam mematuhi jadwal) terpaksa kami urunan ekstra untuk naik taxi proton (orang malaysia sangat bangga dengan mobil nasionalnya).driver taksi ini sendiri sempat mengutarakan keinginannya untuk bisa mengunjungi jakarta. dia bahkan telah menabung untuk bisa mewujudkan impiannya tersebut. salut!
Sekembalinya ke hotel, kami menghabiskan malam di SK Corner, sebuah resto India yang buka 24 jam. Kami menyantap aneka macam masakan khas India antara lain Nasi Kandar, Canai (favorit saya & teman2 canai cheese), Nan, sotong goreng, sup kambing, nasi goreng serta minuman tradisional India teh tarik (tak lupa minuman favorit saya: Ribena Berry he). Oya kebetulan waktu itu ada live pertandingan manchester united, sehingga kedai sangat riuh dengan para pendukung MU.
Hari ketiga kami habiskan untuk berbelanja souvenir di  Berjaya Times Square, mall terbesar di Asia Tenggara yang terdiri dari 12 lantai & 1000 toko !!!! wow!!!. Souvenir yang banyak diburu antara lain gantungan kunci, kaos, tas, bolpen, miniatur menara Petronas serta pashmina/kerudung khas Malaysia (saya sempat berpikiran untuk membuka bisnis pashmina di indonesia). 

well the time is come...Takterasa, kami harus kembali ke Indonesia sesuai dengan booking tiket pesawat. kami terbang dr KL intl airport pada pukul 10.00 dan tiba dengan selamat di Adisumarmo solo pada hari Selasa 8 Maret 2011 pukul 12.40 dengan membawa berjuta kenangan indah di negeri jiran Malaysia. 
ada kenangan lucu namun memprihatinkan sewaktu naik pesawat pulang. waktu itu kami bersama dengan para rombongan TKI yang juga hendak pulang ke indonesia. saat penerbangan berangkat seperti biasa kami harus duduk berdasarkan nomor di tiket. namun saat kami bersama para TKI tersebut, saat kami kebingungan mencari tempat duduk, beberapa dari mereka berseru: "duduknya bebas mas" what?????, apalagi selama dalam penerbangan mereka juga riuh mengobrol. sampai2 pramugara air asia juga harus menenangkan mereka karena sempat berdiri sewaktu landing hadeuuhh. tapi gakpapalah..gitu2 mereka juga masih sebangsa dengan saya wkkkkkk. sebelum mendarat taklupa saya membeli oleh2 nasi lemak di pesawat (sempet dikasih Ribena berry juga oleh penumpang arab di sebelah saya, dia berterimakasih krn sy membantunya membayar snek di pesawat dengan rupiah)
well at last i just want to say miss u so much Ke eL !!!!! hope i can go there again with my whole family. amin. 




2 komentar:

Evin mengatakan...

Hahahaha... Kita naik roller coaster lagi yyeee... :))

inspiring your life! mengatakan...

ampyuuuunn mas broo...kapok 7 turunan! whahahahahha