Kamis, 01 Maret 2012

Beasiswa Teacher Training Monbukagakusho 2012 ke Jepang


Pada hari senin 13 Februari 2012 yang lalu, saya berkesempatan untuk mengikuti program seleksi tes tertulis Teacher Training (Monbukagakusho) ke Jepang.


PENGUMUMAN PESERTA TES TERTULIS












Beasiswa pemerintah Jepang ini sangat mudah persyaratannya, apalagi ditambah dengan uang saku yang cukup wah selama tinggal di Jepang (1,5 tahun) click here
Mulailah saya berburu alamat Pusat Studi Jepang UI, cari penginapan, hingga hunting transportasi. akhirnya ketemu juga peta UI. untuk tempat menginap saya transit di rumah kakak di Bekasi, kemudian lanjut H-2 di rumah Om di Depok (sekitar 15 menit dari kampus UI Depok).
Perjuangan saya untuk mengikuti tes ini cukup berliku, mulai dari meminta izin GM sekolah saya, izin kepsek, izin ke BKD sampai yang terakhir izin ke Bupati Sragen (karena posisi saya sebagai PNS Kabupaten Sragen).
Untuk persiapan tes, saya melahap buku-buku Longman (Cutting Edge) hingga Barons TOEIC (tak sengaja nemu di almari buku kakak saya di Bekasi).
pergi ke Jakarta juga bukan tanpa pengorbanan, tercatat saya mengeluarkan ongkos pribadi untuk mengirim transportasi (Rosalia Indah Executive Solo-Bekasi PP), hingga harus meninggalkan istri & anak-anak tercinta. namun demi ikhtiar masa depan apapun harus saya tempuh.
Di tempat kakak & Om, saya habiskan waktu hanya dengan belajar & belajar. untuk hal yang satu ini saya terinspirasi dari siswa-siswa saya yang bisa belajar di SBBS sampai jam 2 pagi!
Hingga tibalah waktu ujian tiba. sebelumnya saya rajin googling materi ujian & seluk beluk Monbukagakusho, terutama dari blog ibu Murni Ramli click here hingga hunting buku belajar cepat Bahasa Jepang.
Tempat ujian siang itu (jam 13.30 wib), dipenuhi sekitar 250 kandidat. mereka terpilih dari ratusan aplicants yang lolos seleksi berkas administrasi.
SUASANA SETELAH UJIAN TULIS DI PUSAT STUDI JEPANG  UI DEPOK

Tes pun berlangsung cukup singkat, hanya 2 jam, tanpa Tes Bahasa Jepang (saya cukup surprise). selama tes, banyak soal yang cukup rumit. meskipun bagi guru Bahasa Inggris seperti saya. namun saya pede saja mengerjakannya.
kontestan di hari itu tidak cuma dari Jakarta /Jateng saja, namun ada juga peserta dari Medan & Padang. entah ini strategi untuk mensiasati kuota / apa.
Tes pun berakhir pukul 14.30 WIB & saya harus segera kembali ke Sragen untuk bergabung kembali dengan rekan-rekan di SBBS.
Sebelum pulang, Ibu lies (panitia) sempat mengatakan, pengumuman lolos tes wawancara 1 minggu sebelum tes wawancara. wawancara sendiri menurut beliau akan diadakan pada tanggal 6 Maret 2012, berarti pengumuman akan disampaikan sekitar akhir Februari 2012.
berdebar-debar saya menunggu pengumuman ini, apalagi sempat trauma juga ketika tes di Jakarta. tahun 2006 saya bersama istri sempat tes seleksi PNS DEPLU ke Jakarta. namun tidak lolos ke tahap berikutnya.
Saya & istri pun sudah merancang apa-apa yang harus kami lakukan ketika saya lolos ke Jepang. seperti sekolah SD untuk Salsa (anak 1 saya), istri tinggal dimana, sampai siapa yang nanti akan mengambil gaji bulanan PNS saya. bahkan saya berencana melepas Laptop saya untuk biaya mengurus visa dll (toh nanti bisa beli Apple Mac di jepang haha) :)
Hari Senin 27 Februari 2012 iseng-iseng saya membuka website kedubes Jepang. & saya terkejut karena ada link berjudul "Daftar Nama Peserta Wawancara Teacher Training 2012 new".
Hati saya berdegup kencang, dan ini pertanda tidak baik. karena biasanya kalo ada sesuatu yang tidak baik akan datang, biasanya insting saya langsung bekerja (pernah ketika mengendarari mobil di jalan raya wates tiba2 jantung saya berdegup sangat kencang, ternyata di ujung jalan ada polisi menyetop & menilang saya - karena menginjak marka)
Sewaktu ditelpon pihak Pusat Studi Jepang bahwa saya lolos menuju tes tertulis keadaan saya sangat tenang & santai, karena sudah yakin dapat insting baik, berbeda dengan insting saya kali ini.
Dan benar juga, ketika saya klik link tersebut click here, saya pelototi daftar nama yang lolos, nomor 1-16. dari atas sampai kebawah. tak percaya. maka saya ulangi lagi membaca dari atas. begitu terus. sampai akhirnya saya sadar, Alloh belum mengizinkan saya. kecewa & remuk pasti. namun tak bijak jika terus meratapi kegagalna. apalagi sampai menuduh yang tidak-tidak pada panitia (sempat juga bersuuzon astaghfirulloh). namun apa yang terjadi biarlah terjadi. saya tetap harus menerimanya. 
Pada akhirnya, selamat kepada para kontestan yang terpilih untuk tes wawancara di Kedubes Jepang hari selasa 16 Maret 2012 nanti. God be with u.
Untuk menutup cerita saya ini, saya hanya bisa mengambil 2 inspirasi:
1. Alloh pasti mengetahui jalan yang terbaik bagi saya, apapun itu
2. Mengutip dari mantan Rektor UNS yang pernah curhat seputar beliau gagal & teman sekelasnya gagal di ujian akhir kuliah. tapi beliau tetap berkhusnuzon pada Alloh. akhirnya di saat-saat terakhir teman-temannya tiba-tiba berhamburan ke kost beliau untuk mengabarkan, bahwa beliau satu-satunya mahasiswa yang lolos ujian (ada revisi). mungkinkah ini terjadi pada say? biar Alloh yang mengatur :)
at last well done for the candidates... & maju terus Guru Indonesia !!! 

NB: trima kasih tak terhingga untuk mas Danang, mbak heni, falah, alia di Bekasi juga om sam, istri, mbak ana, mas dullah, mas arif di Depok (yang rela mengantar saya jemput saya waktu ujian di UI Depok)...i love u all!


7 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya kemarin jg ikut pak, di konjen jepang medan, ga lolos jg, yg dr medan yg lolos cm satu org ntuk wawancara di kedubes. Cm ga terlalu berharap malah pertamanya jg ga yakin bakal di telp untuk ikut ujian, apalagi ngeliat peserta nya tambah ga yakin lagi. Bahasa Inggris saya pas-pasan banget modal cm baca TOEFL dan TOIEC sehari sebelumnya. Tp tahun depan saya coba ikut lagi, test nya d Jakarta aja....

inspiring your life! mengatakan...

oya? :) well everything is on its track..udah ada yg menggariskan..ganbatte ya..tetep semangat..ini baru hunting beasiswa ADS - AUSaid :)

Anonim mengatakan...

zutto ganbaranai to ikenai_________









Kampoeng steak candi (^_^)

Antonynio Suci mengatakan...

kalau boleh saya minta contoh berkas pada waktu pendaftarannya ya pak..., saya jga rencana mau mencoba

widiyanti mengatakan...

Saya juga tertarik sekali unk mendaftar
Saya ingn brtanya pada persyaratan harus sdh bekerja sbg guru selama 5 thn,apakah persyaratan tsb mutlag hrs dipenuhi?
Terima kasih

ikhwan efendi mengatakan...

Di Medan 41 orng lulus seleksi berkas untuk thn 2014 ini, termasuk sy, tp tdk akn sy lnjutkn klo hny 1 atau 2 orng yg dipnggil wawacara. Habis uang, terkuras emosi dn pikiran ujung2 gk ada mnfaat. Semua peserta tergantung nasib, yg penting nekad.

unie lasriama mengatakan...

halo pak, boleh tahu soal tes tertulis untuk training teacher nya bagaimana? apakah sesuai dengan mata pelajarn yang kita ajar?..terimakasih pak