Rabu, 29 Februari 2012

Bersilaturahim dengan Guru-Guru MAN Insan Cendekia Serpong


Bulan Januari lalu saya mendapat kesempatan emas: berdiskusi dengan guru staff pengajar MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Insan Cendekia (IC) Serpong Tangerang, tepatnya pada hari kamis 19 Januari 2012, saat mereka melakukan studi banding ke SMAN SBBS Sragen.
Dengan dipimpin ketua rombongan Eneng Uswatun MPd, 3 orang staff guru MAN Insan Cendekia tersebut berkesempatan untuk beraudiensi serta bertukar informasi dengan kami di SBBS.
Awal dari acara ini adalah permohonan dari MAN Insan Cendekia untuk mengetahui lebih mendalam sistem pendidikan di SBBS. Gayungpun bersambut, kami menerima permohonan mereka.
Seperti saat-saat sebelumnya, untuk agenda studi banding di SBBS, maka saya (selaku waka humas) yang bertanggung jawab untuk menghadel acara tersebut. 
sama dengan agenda penerimaan tamu studi banding sebelum2nya, kami membagi-bagi tugas untuk penerimaan tamu ini.
faktanya sebenarnya minggu tersebut agenda tugas kami sangatlah banyak, karena bersamaan dengan ujian blok siswa, presentasi calon siswa baru dll. namun alhamdulillah teman2 di SBBS sudah terbiasa bekerja instan. job des - pun kami bagi:
1. pak hari (supervisor) : mempersiapkan guest room (karena AVR -audio visual room- di pake untuk perform sunum/drama turki)
2. mas wawan (teknisi): pasang lcd, sound
3. bu danik (dapur): menyiapkan welcome drink, snack, lunch
4. mas imam (sekretaris humas): menyiapkan suvenir, attendance list, mc, antar jalan2
5. pak febri (IT): ngeprint sertifikat studi banding
6. pak cipto (kepsek): kasih sambutan mewakili General Manager yg berhalangan hadir
7. saya sendiri: presentasi program sbbs
pukul 9 (maju 1 jam dari agenda) acara kami mulai. mas imam menjadi mc & pk cip memberikan kata-kata sambutan
selanjutnya adalah pemutaran video pasiad (menceritakan seluk beluk & aktifitas yayasan Turki tersebut)
setelah pemutaran video selama + 15 menit, acara kami lanjutkan dengan presentasi power point sistem pendidikan di SBBS.
tampak 3 orang tamu saya dari Serpong ini tidak pernah lepas dari bolpen & kertas. mereka terus mencatat & mencatat. sy jadi ingat nasehat dr pak fandie kepsek SBBS lama: "people may forget but paper can not forget" meskipun saya sering bercandain beliau: "paper may lost, pak!" :) (di SBBS kami harus sering membawa buku catatan kemana2, karena saking banyaknya tugas yang diberikan lewat perintah2 lisan).

sambil saya mempresentasikan materi power point, guru2 di IC tersebut tampak antusias bertanya (dan mencatat). sayang, karena ini sesi studi banding dari mereka, maka mereka yang lebih banyak menggali info seluk beluk mengenai SBBS, sedangkan saya sendiri juga cukup penasaran dengan sekolah mereka tersebut.
Saya hanya bisa mendapatkan informasi singkat: bahwa siswa-siswa di MAN Insan Cendekia adalh full beasiswa, karena dibiayai oleh Kementrian Agama / Kemenag.
Guru IC juga sempat menjelaskan bahwa IC telah 3 kali berganti wajah: SMA Swasta, Madrasah Swasta (berasrama), & yang terakhir Madrasah Aliyah Negeri seprti sekarang.
Setelah puas beraudiensi (tentang sistem pendidikan SBBS, program pembinaan olimpiade, sistem pengelolaan asrama, serta program bilingual), rombongan tersebut juga berkesempatan melakukan observasi kegiatan belajar mengajar di SBBS serta melihat-lihat gedung sekolah & ruangan kelas SBBS.
Acara yang berlangsung dengan hangat & penuh keakraban tersebut pada akhirnya harus kami akhiri.setelah santap siang bersama, sholat dhuhur, maka kami menuju pendopo untuk tukar menukar souvenir serta sesi berfoto bersama.
demikian sekelumit pengalaman bersilaturahim dengan guru MAN IC Serpong, semoga di lain kesempatan kami bisa membalas kunjungan mereka. amin



Tidak ada komentar: